Study Tiru Inovasi Daerah dengan Pemerintah Kota Manado

Study Tiru Inovasi Daerah dengan Pemerintah Kota Manado

MANADO – Jajaran Badan Litbang Kab. Gorontalo berkunjung ke Manado untuk studi tiru berbagai inovasi yang diterapkan Kota di bagian utara Pulau Sulawesi ini, Selasa (10/12). Salah satunya, Cerdas Command Center yang mengintegrasikan 21 aplikasi dalam satu ruang.

Kunjungan rombongan ini dipimpin langsung Sekretaris Badan Litbang Kab. Gorontalo, Drs. Zulkifli Lasalewo, M.Ec,Dev. Badan Litbang Kab. Gorontalo bermaksud mencontoh inovasi-inovasi Manado yang cocok untuk di terapkan di daerahnya.

Sementara itu, Kepala Bapelitbangda Kota Manado, DR. Linny Tambajong, ST,M.Si, menyambut baik maksud Badan Litbang Gorontalo tersebut. Menurutnya, menjadi kebanggaan untuk Manado jika inovasinya bisa bermanfaat untuk daerah lain. “Silakan adopsi apa saja yang cocok untuk Gorontalo,” kata Linny.

Dia pun lantas menjelaskan, Cerdas Command Center merupakan ikhtiar Bapelitbangda mewujudkan pelayanan yang lebih baik. Warga tidak perlu ke berbagai instansi untuk mengurus satu keperluan, semuanya cukup dilakukan dalam satu ruangan khusus.

“Ini cara Manado merubah paradigma masyarakat. Kalau dulu mengurus dokumen di pemerintahan dianggap ribet dan membosankan, dengan cara seperti ini kami berharap pengurusan jadi lebih mudah dan menyenangkan. Intinya bagaimana masyarakat terlayani dengan maksimal,” kata Linny saat menerima rombongan ini di Ruang Inovasi Bapelitbangda Kota Manado.

Ia menambahkan, Cerdas Command Center kini melayani 21 jenis layanan. Mulai dari administrasi kependudukan, berbagai jenis perizinan, retribusi daerah, surat kendaraan, surat kepolisian, PDAM, BPJS, hingga surat-surat yang diterbitkan Kementerian Agama seperti yang terkait pernikahan. Bahkan pengurusan paspor juga bisa dilakukan di sini.

Selain mal pelayanan publik, lanjut Linny, Manado juga memiliki inovasi penguatan kelurahan. Misalnya, program ”RETTE (Antrian Online Pelayanan Publik Kota Manado)” yang mendorong pelayanan berbasis teknologi informasi (TI). Manado juga mengembangkan “TauPang” dan “Ricca”. Yaitu, Pemantauan Harga Pangan dan Ramalan Iklim Cuaca. “Hal ini, untuk menjawab tantangan pelayanan public pemerintah daerah yang mendapatkan dana besar dari APBN dan APBD,” imbuhnya.

 

Editor :  Andhika

Dipost Oleh Super Administrator

Selamat Datang Di Balitbang Kabupaten Gorontalo. Provinsi Gorontalo.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar