PERAN BALITBANG NYATA DALAM PEMBANGUNAN

PERAN BALITBANG NYATA DALAM PEMBANGUNAN

Balitbang memiliki peran penting untuk mempercepat pencapaian target pembangunan infrastruktur melalui inovasi-inovasi yang lebih murah, lebih cepat, dan lebih baik. Hal ini disampaikan oleh Bupati Gorontalo Prof.Dr.Ir.H. NELSON POMALINGO, M.Pd disela-sela Kegiatan di Kec. Biluhu. Kamis (17/10/2019).

Menurut Beliau, Balitbang telah melakukan resposisi peran dengan menghasilkan teknologi-teknologi siap pakai dan ikut berperan penting dalam Program Nyata Dalam Pembangunan.

Manaf pun berharap kegiatan Nyata Dalam Pembangunan ini bisa membuka jejaring untuk penelitian kepada institusi lainnya dan dapat mengaplikasikan khususnya dalam pembangunan infrastruktur. “Pembangunan Infrastruktur kita memang terlambat dan kita harus melakukan percepatan,” ucapnya.

Keikutsertaan Balitbang dalam Kegiatan Nyata Dalam Pembangunan yakni untuk mensinergikan dan mendapatkan masukan terhadap hasil kelitbangan. Kemudian mendapatkan hasil penelitian yang teknis, murah, dan mudah diperoleh serta dilaksanakan, mengoptimalisasikan penerapan hasil teknologi dan inovasi, meningkatkan penerapan dan pemanfaatan hasil penelitian, baik secara kuantitas dan kualitas, dan dapat meningkatkan networking kelitbangan.

Kepala Balitbang Kab. Gorontalo bersama OPD terkait

Kegiatan Nyata Dalam Pembangunan dengan melalui Inovasi Sains dan Teknologi Kita Percepat Pembangunan Infrastruktur Menuju Masyarakat madani dan sejahtera, diikuti oleh  Organisasi Perangkat Daerah terkait lainnya, perguruan tinggi, pemerintah pusat/provinsi, dunia usaha, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), asosiasi profesi, serta masyarakat umum.

Secara internal, penataan keorganisasian Balitbang, yakni mendeskripsikan tugas pokok dan fungsi, Pembangunan kapasitas diri dan melakukan sosialisasi ke seluruh lembaga pusat dan daerah tentang eksistensi Balitbang Kabupaten Gorontalo.

Secara eksternal, Balitbang merancang kerja sama dengan seluruh Kementerian yang notabene memiliki kelembagaan litbang di seluruh Indonesia, dengan LIPI serta seluruh Perguruan Tinggi baik di daerah maupun di luar daerah.

"Balitbang harus terus menemukan kajian kajian yang lebih strategis dan terbaru terkait dengan kebijakan dan pembangunan daerah," tambah Nelson.

Sementara itu, Kepala Balitbang Kabupaten Gorontalo, Dr, ABD. MANAF DUNGGIO, M.Si mengungkapkan bahwa lembaga Balitbang terus melakukan terobosan strategi dan arah Kebijakan.

Yaitu melaksanakan kegiatan penelitian yang berkaitan dengan isu-isu aktual, program strategis pemerintah daerah serta membangun jejaring kelembagaan dengan stakeholder.

"sejak lama Balitbang telah menyusun Rencana Induk Kelitbangan (RIK) yang telah disesuaikan dengan progres capaian tahunan dan berharap Balitbang dapat melakukan sinergitas dengan pihak Internal di tingkat OPD dan pihak eksternal sesuai harapan di setiap pimpinan daerah. "Tutup Manaf"

By. Super Admin

Dipost Oleh Super Administrator

Selamat Datang Di Balitbang Kabupaten Gorontalo. Provinsi Gorontalo.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar