Penandatanganan Pernyataan Komitmen Instalasi Model Layanan Pemerintahan Dengan Wilayah III T.A. 2019

Penandatanganan Pernyataan Komitmen Instalasi Model Layanan Pemerintahan Dengan Wilayah III T.A. 2019

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Kajian dari Pusat Inovasi Daerah Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri melaksanakan Kegiatan Rapat MoU Penandatanganan Pernyataan Komitmen Instalasi Model Layanan Pemerintahan Dengan Wilayah III T.A. 2019. Dalam penerapan Pusat Jejaring Inovasi Daerah, Sistem ini dikembangkan untuk memfasilitasi, menerapkan, dan mereplikasi inovasi daerah melalui adopsi dan adaptasi dari berbagai penerapan inovasi daerah menjadi inovasi baru yang berskala nasional.

Penandatanganan pernyataan komitmen tersebut merupakan percontohan penerapan replikasi inovasi daerah dengan sekjen Kemendagri.

Penandantanganan berlangsung saat rapat Kelitbangan Kemendagri di Hotel Mercure Marina, Jakarta Pusat. Penanda tanganan itu diwakili oleh masing- masing Kepala Badan Litbang kemudian Upaya ini dalam rangka mendorong inovasi tata kelola pemerintahan daerah, inovasi pelayanan publik serta mengitegrasikan inovasi daerah lainnya sesuai urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, meliputi inovasi tata kelola pemerintah dan integrasi sistem penyelenggaraan pemerintahan. Tujuannya yaitu untuk memudahkan kepala daerah memantau kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah sekaligus untuk memastikan proses pemerintahan berjalan efektif.

Adapun inovasi pelayanan publik, yaitu berupa pengembangan sistem penyediaan layanan yang dapat diakses masyarakat secara daring (online). Kemudian diproses secara elektronik oleh perangkat daerah yang terintegrasi di seluruh Indonesia.

Hal ini sebagai perwujudan dari pelaksanaan amanat pasal 33 Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah yang memerintahkan Menteri mengelola secara terpusat informasi Inovasi Daerah. Inovasi Daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, yang berbentuk : (1) Inovasi tata kelola pemerintahan daerah; (2) Inovasi pelayanan publik; dan (3) inovasi daerah lainnya sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. Ketiga inovasi tersebut terangkum dalam Pusat Jejaring Inovasi Daerah dengan tambahan manajemen dukungan kelitbangan.

Foto: Abd. Manaf

Artikel: Andhika

KOMITMEN_PUJAINDAH_2

Dipost Oleh Super Administrator

Selamat Datang Di Balitbang Kabupaten Gorontalo. Provinsi Gorontalo.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar