Evaluasi Bantuan Ternak di Kabupaten Gorontalo

Evaluasi Bantuan Ternak di Kabupaten Gorontalo

Sektor peternakan menjadi salah satu andalan pembangunan nasional maupun regional dalam penyediaan lapangan kerja, peningkatan kesejahteraan masyarakat, mengurangi kemiskinan, penyediaan produksi kebutuhan pangan dan perolehan devisa. Pembangunan kawasan peternakan merupakan strategi umum untuk meningkatkan kesejahteraan peternak, meningkatkan daya saing produk pertanian serta menjaga kelestarian sumberdaya pertanian. Untuk mewujudkan hal tersebut Pemerintah Daerah telah mendukung masyarakat serta stakeholder terutama pada daerah potensil untuk pengembangan peternakan.

Pengembangan kawasan peternakan yang dicanangkan pemerintah memberikan spirit yang sangat besar kepada masyarakat dalam memacu peningkatan pendapatan dan kesejahteraannya dan sekaligus menjadi penggerak utama pembangunan ekonomi daerah. Selama satu dasawarsa terakhir sektor ini menjadi tiang ekonomi daerah, peranannya cukup besar terhadap pembangunan struktur ekonomi di Provinsi Gorontalo. Dalam kurun tahun 2015-2018 pertumbuhannya cenderung meningkat rata-rata 4,97% per tahun.

Beberapa strategi untuk meningkatkan populasi dan produksi ternak adalah melalui pemberian bantuan ternak sapi kepada pada kelompok peternak sapi yang tersebar diseluruh kecamatan di Kabupaten Gorontalo. Untuk melihat efektivitas bantuan tersebut maka, Balitbang Kabupaten Gorontalo akan melaksanakan riset terkait dengan seluruh bantuan tersebut. Riset ini akan melibatkan beberapa staf Balitbang dan para stakeholder yang terkait dengan bantuan tersebut.

Dipost Oleh Super Administrator

Selamat Datang Di Balitbang Kabupaten Gorontalo. Provinsi Gorontalo.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar